Ganti Oli Mesin Sepeda Motor

Sahabat Automania apa kabar? Semoga kalian baik-baik saja.
Alhamdulillah bisa membuat postingan lagi, tapi terlebih dahulu saya mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi umat Muslim yang menjalankan.
Penahkah bepikir untuk ganti oli mesin sendiri?
Oli sangat penting bagi kendaraan kita, disamping sebagai pelumas juga dapat menjaga komponen mesin sepeda motor kita agar tetap awet. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita mengganti oli sepeda motor :
-          Tempatkan sepeda motor anda pada tempat yang aman dan leluasa untuk bergerak
-          Siapkan alat dan bahan beserta majun (kain lap)
Alat dan Bahan
Selanjutnya kita siap untuk mengganti oli mesin sepeda motor, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
-          Buka tutup pemasukan oli mesin tanpa mencabut dari tempatnya agar ada saluran pernapasan hingga oli mesin bekas mudah keluar
Membuka Saluran Pemasukan Oli Mesin
-          Tempatkan wadah penampungan oli mesin tepat dibawah baut pembuangan oli mesin, kemudian buka baut pelepasan oli mesin dengan menggunakan kunci ring, putar berlawanan arah jarum jam (jangan memakai kunci pas karena dapat mengakibatkan kerusakan pada kepala baut)

Membuka Baut Pembuangan Oli Mesin
-          Biarkan oli mesin bekas keluar hingga tidak ada lagi yang menetes dengan memiring-miringkan posisi sepeda motor (tidak menggunakan kompresor udara)
-          Selanjutnya, tutup baut pembuangan oli dengan memutar baut searah jarum jam. Kencangkan dengan memakai perkiraan.
-          Masukkan oli baru melalui lubang pemasukan oli

Memasukkan Oli Mesin Baru
-          Tutup saluran pemasukan oli mesin
-          Cek kembali kekencangan baut oli mesin

Setelah itu hidupkan mesin agar oli mesin yang baru dimasukkan ke dalam mesin, bersirkulasi ke komponen-komponen mesin secara merata. Matikan mesin setelah beberapa menit.

Mudah kan sahabat Automania. Tiap type sepeda motor berbeda dalam cara mengganti oli mesin seperti halnya posisi baut pembuangan oli mesin, alat dan bahan dan oli mesin yang digunakan  tetapi pada dasarnya dari segi prosuder memiliki kesamaan.Terima kasih semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel