Baterai atau Aki Kering

Masih ingat, bahwa baterai atau aki terbagi atas dua tipe yaitu aki kering dan aki basah. Boleh dikatakan bahwa baterai basah adalah baterai yang berisi air accu (cairan asam belerang / sulfuric acid). Bagaimana dengan aki tipe kering?

 Aki kering merupakan bentuk pengembangan dari aki basah yang penggunaannya kini semakin populer. Secara fisik, perbedaannya dengan aki basah dapat dilihat melalui wadahnya yang berwarna gelap atau tidak transparan. Selain itu aki kering juga tidak memiliki lubang-lubang untuk mengisi air aki. 


Cairan yang terdapat didalamnya berwujud gel, yang digunakan sebagai pengganti cairan elektrolit. Tingkat penguapan Gel ini sangat minim. Dan saat menguap, uap tersebut tidak dibuang keluar, tetapi tetap tertampung didalam wadah, sehingga volumenya tetap terjaga. Dengan demikian, maka aki jenis ini tidak membutuhkan perhatian khusus atau umumnya disebut Maintenance Free.

Aki tipe kering terdiri dari plat-plat positif & negatif yang telah diisi penuh dengan muatan listrik, tetapi dalam penyimpanannya tidak diisi dengan elektrolit. Pada dasarnya baterai ini sama halnya dengan aki tipe basah. Elemen-elemen aki ini diisi secara khusus dengan cara memberikan arus DC pada plat yang direndamkan ke dalam larutan elektrolit lemah. Setelah plat-plat itu terisi penuh dengan muatan listrik, kemudian diangkat dari larutan elektrolit lalu dicuci dengan air dan dikeringkan. Kemudian plat-plat tersebut dirangkai dalam case baterai. Sehingga bila aki tersebut akan digunakan, cukup diisi elektrolit dan langsung bisa digunakan tanpa discharge kembali.

Aki kering tidak membutuhkan perawatan khusus karena tidak dibutuhkannya penambahan cairan. Kondisi aki juga lebih bersih. Tetapi kepraktisan tersebut harus ditebus dengan harga yang lebih mahal dan umur pemakaian yang relatif lebih singkat. Namun, dalam hal pemakaian tergantung dari jenis kendaraan, umur pemakaian bisa dari satu tahun hingga satu setengah tahun pemakaian atau lebih dari itu.


Beberapa produsen sepeda motor saat ini mulai beralih ke penggunaan aki kering disamping karena ukurannya lebih kecil juga kemampuannya sama dengan aki basah.
 

Sumber:

http://www.acc.co.id/news/read/239/pilih_aki_basah_atau_aki_kering_ini_perbedaannya#.VAV_TaMu600
http://sekolah007.blogspot.com/2012/12/bateraiaki-pada-sepeda-motor.html 
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/576342-aki-kering-lebih-bagus-untuk-kendaraan-mengapa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel