Baterai atau Aki



Baterai merupakan sumber energi listrik yang digunakan oleh sistem starter dan sistem kelistrikan yang lain pada suatu kendaraan. Situs Wikipedia bahasa Indonesia, menerangkan bahwa baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik.
            Secara umum baterai berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, namun bila kita amati lebih detail maka fungsi baterai adalah: Saat mesin mati sebagai sumber energi untuk menghidupkan asessoris, penerangan, dsb, Saat starter untuk mengidupkan sistem starter, Saat mesin hidup sebagai stabiliser suplai listrik pada kendaraan, dimana pada saat hidup energi listrik bersumber dari alternator.
            Peran baterai pada mobil sangatlah penting, baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik pada sistem starter agar mesin dapat dihidupkan. Apabila baterai/aki rusak atau tidak mempunyai daya yang cukup untuk pengoperasian motor stater, maka system stater tidak dapat bekerja dengan baik atau dengan kata lain mobil tidak bisa dioperasikan. Sehingga perawatan pada baterai sangatlah perlu untuk dilakukan.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Baterai
http://dunia-otomotif-mobil.blogspot.com/2013/04/pengertian-baterai-accu-aki-mobil.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel