Baterai atau Aki Kering
Wednesday, 13 July 2016
Edit
Masih
ingat, bahwa baterai atau aki terbagi atas dua tipe yaitu aki kering
dan aki basah. Boleh dikatakan bahwa baterai basah adalah baterai yang
berisi air accu (cairan asam
belerang / sulfuric acid). Bagaimana dengan aki tipe kering?
Aki
kering merupakan bentuk pengembangan dari aki basah yang penggunaannya
kini semakin populer. Secara fisik, perbedaannya dengan aki basah dapat
dilihat melalui wadahnya yang berwarna gelap atau tidak transparan.
Selain itu aki kering juga tidak memiliki lubang-lubang untuk mengisi
air aki.
Cairan yang terdapat didalamnya berwujud gel, yang digunakan sebagai pengganti cairan elektrolit. Tingkat penguapan Gel ini sangat minim. Dan saat menguap, uap tersebut tidak dibuang keluar, tetapi tetap tertampung didalam wadah, sehingga volumenya tetap terjaga. Dengan demikian, maka aki jenis ini tidak membutuhkan perhatian khusus atau umumnya disebut Maintenance Free.
Aki tipe kering terdiri dari plat-plat positif
& negatif yang telah diisi penuh dengan muatan listrik, tetapi dalam
penyimpanannya tidak diisi dengan elektrolit. Pada dasarnya baterai ini sama halnya dengan aki tipe basah.
Elemen-elemen aki ini diisi secara khusus dengan cara memberikan arus DC
pada plat yang direndamkan ke dalam larutan elektrolit lemah. Setelah plat-plat
itu terisi penuh dengan muatan listrik, kemudian diangkat dari larutan elektrolit
lalu dicuci dengan air dan dikeringkan. Kemudian plat-plat tersebut dirangkai
dalam case baterai. Sehingga bila aki tersebut akan digunakan, cukup diisi
elektrolit dan langsung bisa digunakan tanpa discharge kembali.
Aki
kering tidak membutuhkan perawatan khusus karena tidak
dibutuhkannya penambahan cairan. Kondisi aki juga lebih bersih. Tetapi
kepraktisan tersebut harus
ditebus dengan harga yang lebih mahal dan umur pemakaian yang relatif
lebih singkat. Namun, dalam hal pemakaian tergantung dari jenis
kendaraan, umur pemakaian bisa dari satu tahun hingga satu setengah
tahun pemakaian atau lebih dari itu.
Beberapa
produsen sepeda motor saat ini mulai beralih ke penggunaan aki kering disamping
karena ukurannya lebih kecil juga kemampuannya sama dengan aki basah.
Sumber:
http://www.acc.co.id/news/read/239/pilih_aki_basah_atau_aki_kering_ini_perbedaannya#.VAV_TaMu600
http://sekolah007.blogspot.com/2012/12/bateraiaki-pada-sepeda-motor.html
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/576342-aki-kering-lebih-bagus-untuk-kendaraan-mengapa
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/576342-aki-kering-lebih-bagus-untuk-kendaraan-mengapa