Gabung Yuk (Blog Of Friendship)

Photobucket

Pages

Sunday, 4 March 2012

Media Kelistrikan Mesin dan Body Standar

Halo sahabat penggemar otomotif. Mungkin kalian pernah ingin membuat trainer sistem kelistrikan otomotif, namun belum tahu caranya. Nah, dalam postingan kali ini akan diperlihatkan rancangan trainer sistem kelistrikan otomotif, agar kalian bisa membuat sendiri di bengkel kalian. Secara garis besar sistem kelistrikan suatu mobil dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
  1. KELISTRIKAN MESIN (ELECTRIAL ENGINE). Kelistrikan mesin ialah sistem kelistrikan otomatisasi yang dipergunakan untuk menghidupkan mesin serta mempertahankanya agar tetap hidup. Dimana bagian-bagianya terdiri atas :
    • Sistem Starter
    • Motor starter berfungsi untuk memutar poros engkol pertama kali atau sebagai penggerak awal.
    • Sistem Pengisian
    • Sistem pengisian berfungsi untuk mengisi kembali muatan baterai dan menyuplai kebutuhan arus pada saat kendaraan berjalan. Adapun komponen-komponen dari sistem pengisian yaitu: Baterai, Ampere meter, Kunci kontak, Sekering (fuse), Lampu tanda pengisian, Alternator (alternatic generator), dan Regulator.
    • Sistem Pengapian
    • Sistem pengapian adalah salah satu faktor utama hidupnya mesin khususnya pada motor bensin yang berfungsi menghasilkan tegangan yang tinggi untuk mengadakan bunga api diantara elektroda busi. Komponen Sistem Pengapian adalah Baterai, Kunci kontak, Sekering (Fuse) dan Ignition Coil, Distributor.
  2. KELISTRIKAN BODY STANDAR. Komponen komponen kelistrikan body adalah komponen kelistrikan yang di lengkapi dalam body kendaraan. Termasuk Komponen sistem penerangan, wiper, weser, dan komponen lainya yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenikmatan pengemudi pada saat mengendara.
    • Lampu Penerangan yang terdiri dari: Lampu Kepala, Lampu Kota, Lampu Kabut, dan Lampu Ruangan
    • Sistem kelistrikan untuk tanda-tanda yang terdiri dari : Lampu Rem, Lampu Tanda Belok (Pemberian Tanda ), Lampu Hazard ( Pemberian Tanda hati-hati ), Lampu Plat Nomor, Lampu Mundur, dan Sistem Peringatan Suara / Klakson (pemberian tanda )
    • Sistem Penbersih kaca /wiper yang terdiri dari : Motor wiper (penggerak), Tuas Wiper, Lengan Wiper (Wiper Arm), Wiper Blade.
    • Tuliskan teks di sini!
    Proses Perancangan Sistem Kelistrikan Otomotif
    1. Alat dan bahan yang digunakan yaitu :
      • Gergaji besi, Mesin bor, Mesin Gerinda, Kunci ring, Kunci pas, Obeng (+ ) (- ), Palu, Ragum, Gergaji besi, Gergaji kayu, Tang biasa, Tang Potong, Mesin Las Asetilin, Kuas, Las Listrik, Solder, Pisau Akrilik, Avo Meter
    2. Bahan yang digunakan yaitu : 
    3. 1.      Baterai
      2.      Kotak sekring/sekring
      3.      Kunci kontak
      4.      Ignition coil
      5.      Lampu kepala
      6.      Klakson
      7.      Lampu ruangan
      8.      Lampu kota depan
      9.      Lampu belakang
      10.  Lampu plat nomor
      11.  Lampu kabut
      12.  Lampu mundur
      13.  Lampu tanda belok
      14.  Lampu indicator
      15.  Penghapus kaca
      16.  Bola lampu
      17.  Relai
      18.  Flaser
      19.  Switch lampu rem
      20.  Switch lampu mundur
      21.  Soket jantan
      22.  Soket betina
      23.  Soket bending ports
      24.  Soket skun
      25.  Soket relai
      26.  Motor stater
      27.  Coil
      28.  Distri butor
      29.  Busi
      30.  Kabel busi
      31.  Kertas stiker
      32.  Tinta printer
      1.         Alternator
      2.         Regulator
      3.         Motor listrik
      4.         Pully
      5.         Fambel
      6.         Dynamo mesin jahit
      7.         Amperemeter
      8.         Volmeter
      9.         Akrilik
      10.     Besi kotak
      11.     Besi strip
      12.     Mata bor listrik 6,7,8,10,12,14 mm
      13.     Baut dan mur 10 dan 12
      14.     Sekrup
      15.     Mata gerinda
      16.     Kabel serabut tunggal
      17.     Cat
      18.     Elektroda las
      19.     Diode
      20.     Roda
      21.     Amplas
      22.     Kabel aki dan penjepit
      23.     Isolasi
      24.     Timah
      25.     Tripleks
      26.     Motor wiper
      27.     Mata gerinda potong
      28.     Tinner
      29.     Dynamo stater
      30.     Accu (baterai)
      31.     Karbit
      Prosedur Perancangan Prosedur perancangan media sistem kelistrikan mesin dan bodi standar secara keseluruhan terdiri dari:
      1. Mendesain bentuk dasar media
      2. Pembuatan Rangka
      3. Pembuatan panel
      4. Gambar. Desain Rangka

        Buatlah desain dasar media dengan menyesuaikan ukuran pada gambar. Langkah ini sangat penting sebagai rancangan awal trainer sistem kelistrikan otomotif yang akan dibuat. Setelah gambar desain rangka telah dibuat, selanjutnya siapkan alat dan bahan untuk memulai pembuatan rangka.

        Gambar. Desain Kelistrikan Mesin


        Gambar sebelumnya adalah penampakan rangka yang telah jadi dan telah dipasangkan beberapa komponen kelistrikan. Pada gambar terlihat beberapa sistem kelistrikan mesin seperti sistem pengapian dan sistem stater.

        Gambar. Desain Kelistrikan Body

        Pada gambar desain kelistrikan body, terdapat beberapa komponen-komponen kelistrikan yang membentuk beberapa rangkaian penerangan seperti lampu tanda belok, lampu kepala, lampu hazard (hati-hati), lampu mundur, lampu kota berikut klakson.

        Nah, setelah kalian membaca postingan ini sepertinya tidak sabar lagi untuk mempraktikkannya. Artikel ini hanya sebagai pengenalan dan perlu bimbingan oleh instruktur yang berpengalaman dalam pembuatannya. Tetap jaga keselamatan dalam bekerja dan jangan lupa berdoa. semoga postingan ini bermanfaat. Wassalam.











6 comments:

  1. wah blog ini bisa buat jual beli mobil n motor second gak....wkwkk....

    ReplyDelete
  2. hehehe....ide yang bagus mas Nit Not..Semoga kedepannya bisa seperti itu..Terima kasih idenya..

    ReplyDelete
  3. Mau belajar naik mobil..
    malah disuruh ortu disuruh kenalan dulu sama bagian2 mobil..
    bongkar pasang ban, dll..

    mau naik apa jadi montir,"pikir saya

    ReplyDelete
  4. hehehe...masa sih,..ya mungkin saja ortu-nya bilang gitu biar nanti kalo ada kerusakan pada mobilnya, bisa ngerti juga apanya yg rusak dan bisa ganti ban sendiri kalo bannya bocor...

    driver sekaligus montir...hehehe

    ReplyDelete
  5. wah...terima kasih ya syahrul,..tpi masih banyak yg lebih bagus kok..hehehe

    ReplyDelete